Selasa, 04 November 2014

Silpa Rp 53,20 Miliar untuk menutup defisit

SOLO – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memproyeksikan jumlah sisa lebih perhitungan anggaran (silpa) 2014 mencapai Rp 53,20 miliar. Silpa tersebut bakal digunakan untuk menutup defisit anggaran 2015 senilai Rp. 50,98 miliar.
Wakil Ketua DPRD Solo, Abdul Ghofar Ismail saat ditemui Espos di ruang kerjanya,Selasa(4/11) mengatakan munculnya silpa disebabkan tiga hal, yakni realisasi pendapatn daerah yang melebihi target, kegiatan yang tidak terlaksana, dan sisa pagu anggaran kegiatan. Menurut dia, prinsipnya silpa akan digunakan untuk menutup defisit belanja daerah.
“ Penggunaan silpa itu ada yang disesuiakan dengan peruntukkannya, khususnya ketika sumber dana berasal dari pemerintah pusat atau pemerintah propinsi. Namun, silpa yang berasal dari APBD murni atau dari sisa pagu anggaran bisa digunakan secara bebas sesuai dengan kebutuhan. Seperti penataan kawasan Pasar Gede senilai Rp 5 miliar jelas diluncurkan untuk kegiatan yang sama di tahun depan,”terang Ghofar, sapaan akrabnya.

Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, realisasi silpa cenderung lebih besar dibanding nilai asumsi. Sejumlah kegiatan yang memunculkan silpa,terang Ghofar adalah hibah kepada 270-an kelompok masyarakat senilai Rp 3,1 miliar, pentaan kawasan Pasar Gede senilai  Rp 5 miliar, hibah pemilihan kepala daerah(pilkada) Rp 2,4 miliar dan beberapa kegiatan di Sekretariat DPRD Solo yang nilainya Rp 3 miliar – Rp 4 miliar. Sumber :SOLOPOS (5/11)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar